Follow us

LightBlog

ABOUT AUTHOR

Adbox
Azqinet.blogspot.co.id . Diberdayakan oleh Blogger.

Sikap-Sikap Yang Bertentangan Dengan Nilai-Nilai Pancasila



Sikap-Sikap Yang Bertentangan Dengan Nilai-Nilai Pancasila

1.   Sila Ketuhanan yang Maha Esa
Contoh sikap yang bertentangan dengan sila ini adalah mengaku sebagai tuhan, mengaku sebagai nabi, tidak mengakui adanya Tuhan.
2.  Sila Kemanusiaan yang Adil dan Beradab Contoh
Sikap yang bertentangan dengan sila ini adalah tidak ada keberanian untuk mengungkapkan keadilan, tidak adanya kesadaran untuk tidak berbuat semena-mena.
3.  Sila Persatuan Indonesia
Contoh sikap yang bertentangan dengan sila ini adalah lebih mementingkan kepentingan pribadi dan golongan, tidak adanya kerelaan berkorban.
4.  Sila Kerakyatan yang Dipimpin oleh Hikmat Kebijaksanaan dalam Permusyawaratan dan Perwakilan
Contoh  yang bertentangan dengan sila ini adalah tidak menghormati adanya hasil musyawarah, dan memaksakan kehendak kepada orang lain tanpa adanya musyawarah.
5.   Sila Keadilan Sosial Bagi Seluruh Rakyat Indonesia
Contoh yang bertentangan dengan sila ini adalah tidak adanya keadilan terutama bagi rakyat miskin dan pilih kasih karena perbedaan status sosial.
Korupsi merupakan tindakan yang bertentangan dengan nilai-nilai pancasila terutama sila ke-5. Korupsi bertentangan dengan sila kelima karena korupsi adalah tindakan yang sangat merugikan kehidupan sosial rakyat Indonesia sehingga banyak dari rakyat Indonesia yang menderita dan sengsara.
Share on Google Plus

About Azqi Net

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 komentar:

Posting Komentar